PERINGATI HARI JADI KLATEN GELAR WAYANG KULIT DENGAN 10 DALANG - Kemalang Klaten
Headlines News Klaten.Info :
Home » , » PERINGATI HARI JADI KLATEN GELAR WAYANG KULIT DENGAN 10 DALANG

PERINGATI HARI JADI KLATEN GELAR WAYANG KULIT DENGAN 10 DALANG

Written By kiswanto adinegara on Sabtu, 24 Agustus 2013 | 20.48

           Pergelaran wayang kulit dengan 10 dalang di kecamatan Kemalang (23/8)



Kemalang ~ Hari jadi kabupaten Klaten ke 209 tepatnya jatuh pada tanggal 28 Juli 2013.Mengingat hari Minggu Pon itu masih dalam bingkai bulan ramadhan 1434 H,maka kebijakan pemerintah kabupaten Klaten untuk memeriahkannya diundur pasca hari lebaran. Kecuali upacara hari jadi dilaksanakan pada Senin,29 Juli 2013 di halaman pemkab dengan peserta mengenakan pakaian kejawen gaya Surakarta Hadiningrat dan dilaksanakan bakti sosial.

Terkait dengan pelestarian seni budaya diantara kegiatan Gelar seni unggulan se Klaten (18/8),Kirab budaya jateng-DIY (21/8) dan pergelaran wayang kulit dengan 150 dalang yang di selenggarakan pada Jumat,23 Agustus 2013  diakhiri  ki Anom Suroto yang akan mementaskan wayang kulit di Alun-alun (30/8).

Pergelaran wayang kulit dengan menampilkan 150 orang dalang,di laksanakan pada 15 kecamatan sehingga masing- masing kecamatan  tampil dengan 10 orang dalang  salah satunya termasuk di kecamatan Kemalang .Di kecamatan yang berada di kaki Merapi pergelaran Wayang Kulit dengan 10 dalang di koordinasikan Ki Tomo Pandoyo dari padukuhan Beteng ,desa Randulanang dengan mengambil lakon Babat Wonomarto.Wayangan semalam suntuk itu diselenggarakan di lapangan Desa Keputran,kecamatan Kemalang dengan satu kelir tersebut berjalan lancar dan cukup meriah. Pementasan wayang kulit ini disamping dalam rangka memperingati hari jadi Klaten ke 209 juga HUT kemerdekaan RI ke 68.





Pemirsa dan pandhemen kesenian tadisional yang kian langka itu tidak sebagaimana yang diharapkan ,barangkali karena pergelaran secara serentak di beberapa kecamatan yang berdekatan seperti Karangnongko dan Manisrenggo ,demikian penuturan Yanto yang mengaku menonton hingga acara  limbukan jam 24.00 WIB an.Namun diakui Sugeng warga Kemalang pertunjukkan wayang kulit di kecamatan dapat menjadi hiburan masyarakat di perdesaan,beda kalau dipusatkan di kabupaten seperti tahun sebelumnya warga merasa kejauhan.

Oleh : Kiswanto


Share this article :

0 komentar:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Kemalang Klaten - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info