PUTERA KLATEN PUPUS HARAPAN JADI ORANG NOMOR SATU DI JATENG - Kemalang Klaten
Headlines News Klaten.Info :
Home » , » PUTERA KLATEN PUPUS HARAPAN JADI ORANG NOMOR SATU DI JATENG

PUTERA KLATEN PUPUS HARAPAN JADI ORANG NOMOR SATU DI JATENG

Written By kiswanto adinegara on Kamis, 22 Agustus 2013 | 23.29

       Ganjar Pranowo menjadi orang nomor satu di Jateng (sumber: www.antaranews.com)


Klaten ~ Hari Jumat Wage,tanggal 23 Agustus 2013 Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dijadwalkan melantik pasangan Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko sebagai Gubernur dan wakil Gubernur provinsi Jawa Tengah,periode tahun 2013-2018.Pelantikan direncanakan bertempat di gedung DPRD provinsi Jateng,dengan undangan sejumlah 2.500 orang.Pengambilan sumpah jabatan orang nomor satu dan dua di Jateng itu memanfaatkan dana sebesar Rp 500.000.000,00 dari APBD Prov Jateng tahun 2013.Untuk pengamanan jalanan sidang pada agenda pelantikan itu dikerahkan 1.300 personal dari kepolisian Republik Indonesia,sebagaimana running tag Metro TV (23/8).

Dengan dilantiknya pasangan yang memproklamirkan diri dengan sebutan “GAGAH” pada saat kampanye tersebut,pupus sudah harapan putera Klaten menjadi orang nomor satu di provinsi Jateng.Kedua putera Klaten yang ikut berkompetisi dalam pemilukada Jateng yang digelar Minggu Kliwon, 26 Mei 2013 adalah Bibit Waluyo dan Hadi Prabowo. Sebagaimana diketahui Bibit Waluyo merupakan putera kelahiran Polanharjo, Klaten,sedangkan Hadi Prabowo adalah putera kelahiran Gesikan,Gantiwarno,Klaten.Bibit Waluyo merupakan calon incumbent sedangkan Hadi Prabowo sebelumnya adalah sekretaris daerah provinsi Jateng.

Untuk meng flash back  ingatan bagaimana kronologi pemilukada provinsi  Jateng,kontributor klaten info mendokumentasi dari berbagai sumber kemudian merangkumnya sebagai berikut;

Pendaftaran Pasangan Calon
KPU Jateng sudah menutup pendaftaran pasangan calon untuk bertarung dalam Pemilu Gubernur (Pilgub) Minggu Kliwon, 26 Mei 2013 ,pada Selasa,5 Maret 2013,tepat pukul 24.00 wib.

Menurut  merdeka.com  ada tiga pasangan calon yang mendaftar.

Pendaftar pertama adalah Bibit Waluyo-Sudijono Sastroatmodjo. Pasangan cagub incumbent dengan Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini diusung oleh Partai Demokrat, PAN dan Golkar, dengan total 37 kursi di DPRD Jateng.

Pendaftar kedua yakni Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko. Pasangan anggota DPR dan Bupati Purbalingga ini hanya diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang memiliki 23 kursi.

Sementara, pendaftar ketiga adalah Hadi Prabowo-Don Murdono. Pasangan sekretaris daerah Provinsi Jateng dan Bupati Sumedang ini diusung oleh 6 partai (sebelumnya ditulis 5 partai). Mereka adalah PKS, PKB, Gerindra, PPP, Hanura, PKNU, dengan total 40 kursi.
Dari total kekuatan partai, Hadi Prabowo-Don Murdono yang terkuat dengan total 40 kursi. Namun, itu adalah hasil Pemilu 2009 yang sangat mungkin kekuatannya sudah bergeser sekarang. Terlebih, efektivitas mesin partai juga menjadi faktor utama untuk meraih kemenangan.

"Harus ada soliditas mesin partai dan tim pemenangan," kata pengamat politik dari Undip, M Yulianto, saat berbincang dengan merdeka.com, Rabu (6/7).

Sebagai pasangan incumbent yang didukung tiga partai (37 kursi), Bibit Waluyo-Sudijono Sastroatmodjo juga mempunyai kans besar untuk terpilih kembali. Modal politik membangun Jawa Tengah selama lima tahun terakhir sangat bisa dikapitalisasi menjadi suara. Sebaliknya, ketidakmampuan membangun Jateng juga bisa berbuah buruk bagi keterpilihan.

Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko adalah satu-satunya pasangan di luar struktur birokrasi Provinsi Jawa Tengah. Diusung oleh partai terkuat di Jateng, PDIP, pasangan ini dinilai mempunyai kans cukup besar. Terlebih, figur baru bisa menjadi pelarian pemilih yang kecewa terhadap kinerja incumbent.

Meski demikian, Yulianto menilai, faktor partai bukan segalanya dalam Pilgub Jateng. Sama seperti pilkada-pilkada di daerah lain, kekuatan figur adalah yang utama.

"Semua tergantung sosoknya dan penilaian masyarakat terhadapnya," ujar Yulianto.

Dengan tiga pasangan calon ini, Yulianto memprediksi Pilgub Jateng bakal berlangsung satu putaran. Namun, dengan jarak perolehan suara yang tidak terlalu jauh. Sebab, popularitas ketiga figur cukup berimbang di Jateng.(Sumber Merdeka.com , 6 Maret 2013)

Penetapan Cagub dan Cawagub.
Ketua KPUD Jateng Fajar Subhi ,mengatakan setelah melakukan pengecekan semua persyaratan yang harus dipenuhi pasangan calon (paslon) ,KPUD akhirnya menetapkan tiga pasang calon gubernur yang mendaftar sebagai Cagub dan cawagub.Penetapan dilakukan Kamis 11 Apri 2013 di Semarang.
Pasangan Cagub dan cawagub pertama adalah Bibit Waluyo-Sudijono Sastroatmodjo,
Pasangan Cagub dan cawagub kedua yakni Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko,dan
Pasangan Cagub dan Cawagub ketiga adalah Hadi Prabowo-Don Murdono.
Pada pemilukada Provinsi Jawa Tengah yang digelar Minggu kliwon,26 Mei 2013 menurut KPUD Jawa Tengah diikuti 27.385.985 pemilih,sesuai daftar pemilih tetap.

Pengundian Nomor Urut calon
Pada pengundian nomor urut yang dilaksanakan KPUD Jateng pada Selasa 16 April 2013 dihasilkan Nomor 1 untuk Hadi Prabowo-Don Murdono,Nomor 2  Bibit Waluyo-Sudijono Sastroatmodjo dan Nomor 3  Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko.

Hari  Minggu Kliwon,26 Mei 2013 Wong Jateng memilih.
Menurut hasil perhitungan sementara atau perhitungan cepat (quick count) versi KPUD Ganjar-Heru unggul dengan memperoleh  48,25 %, disusul Bibit-Sudiyono   30,59 % dan HP –Don 21,16 % suara.Sementara versi LSI berturut- turut  48,46 % (GH),30,84 %(Bissa) dan 30,84 % (HP-Don).

Akhirnya KPUD Jawa Tengah menetapkan kemenangan pasangan  Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko dalam pesta demokrasi wong Jateng yang berjalan lancar ,tertib dan aman dalam satu putaran .

Kedua pasangan kompetitornya yakni Bibit Waluyo-Sudijono Sastroatmodjo serta Hadi Prabowo-Don Murdono mengaku legowo atas kekalahannya terhadap "GAGAH".

Kendatipun  faktanya Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko yang unggul namun masyarakat kabupaten Klaten tetap berbangga ,sebagaimana diungkapkan Paiman tokoh masyarakat dari Karangnongko karena dari tiga calon gubernur tersebut,dua cagub diantaranya adalah putera daerah Klaten. Hal ini menunjukkan bahwa potensi suberdaya manusia yang kapabel sebagai pemimpin daerah di kabupaten Klaten cukup banyak.Bahkan ketiga pasangan calon gubernur itu semua berasal dari wilayah Solo Raya,karena Ganjar Pranowo juga berasal dari kabupaten Karanganyar.Siapapun Gubernurnya yang penting adalah komitmennya terhadap peningkatan kesejahteraan rakyat Jateng ,demikian harapnya .

Oleh : Kiswanto






Share this article :

0 komentar:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Kemalang Klaten - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info