DAKWAH ISLAM DALAM MELESTARIKAN BUDAYA JAWA WARISAN WALISONGO AKAN DIGELAR DI KEMALANG - Kemalang Klaten
Headlines News Klaten.Info :
Home » , » DAKWAH ISLAM DALAM MELESTARIKAN BUDAYA JAWA WARISAN WALISONGO AKAN DIGELAR DI KEMALANG

DAKWAH ISLAM DALAM MELESTARIKAN BUDAYA JAWA WARISAN WALISONGO AKAN DIGELAR DI KEMALANG

Written By kiswanto adinegara on Rabu, 18 September 2013 | 21.01

   Gambar Walisongo (sumber 4.bp.blogspot.com)



Kemalang ~ Walisongo atau Walisanga dikenal sebagai penyebar agama Islam di tanah Jawa pada abad ke 14. Mereka tinggal di tiga wilayah penting pantai utara Pulau Jawa, yaitu Surabaya-Gresik-Lamongan di Jawa Timur, Demak-Kudus-Muria di Jawa Tengah, dan Cirebon di Jawa Barat.

Era Walisongo adalah era berakhirnya dominasi Hindu-Budha dalam budaya Nusantara untuk digantikan dengan kebudayaan Islam. Mereka adalah simbol penyebaran Islam di Indonesia, khususnya di Jawa. Tentu banyak tokoh lain yang juga berperan. Namun peranan mereka yang sangat besar dalam mendirikan Kerajaan Islam di Jawa, juga pengaruhnya terhadap kebudayaan masyarakat secara luas serta dakwah secara langsung, membuat para Walisongo ini lebih banyak disebut dibanding yang lain.

Arti Walisongo

Ada beberapa pendapat mengenai arti Walisongo. Pertama adalah wali yang sembilan, yang menandakan jumlah wali yang ada sembilan, atau sanga dalam bahasa Jawa. Pendapat lain menyebutkan bahwa kata songo/sanga berasal dari kata tsana yang dalam bahasa Arab berarti mulia. Pendapat lainnya lagi menyebut kata sana berasal dari bahasa Jawa, yang berarti tempat.

Nama para Walisongo

Dari nama para Walisongo tersebut, pada umumnya terdapat sembilan nama yang dikenal sebagai anggota Walisongo yang paling terkenal, yaitu:

 Sunan Kalijaga atau Raden Said

Sunan Kalijaga atau Sunan Kalijogo adalah seorang tokoh Wali Songo yang sangat lekat dengan Muslim di Pulau Jawa, karena kemampuannya memasukkan pengaruh Islam ke dalam tradisi Jawa. Masa hidup Sunan Kalijaga diperkirakan mencapai lebih dari 100 tahun. Sunan Kalijaga diperkirakan lahir pada tahun 1450 dengan nama Raden Said. Dia adalah putra adipati Tuban yang bernama Tumenggung Wilatikta atau Raden Sahur.

Sunan Kalijaga memilih kesenian dan kebudayaan sebagai sarana untuk berdakwah,dan sangat toleran pada budaya lokal. Sunan Kalijaga berpendapat bahwa masyarakat akan menjauh jika diserang pendiriannya. Maka mereka harus didekati secara bertahap: mengikuti sambil memengaruhi. Sunan Kalijaga berkeyakinan jika Islam sudah dipahami, dengan sendirinya kebiasaan lama hilang.

Tidak mengherankan, ajaran Sunan Kalijaga terkesan sinkretis dalam mengenalkan Islam. Ia menggunakan seni ukir, wayang, gamelan, serta seni suara suluk sebagai sarana dakwah. Beberapa lagu suluk ciptaannya yang populer adalah Ilir-ilir dan Gundul-gundul Pacul. Dialah penggagas baju takwa, perayaan sekatenan, garebeg maulud, serta lakon carangan Layang Kalimasada dan Petruk Dadi Ratu ("Petruk Jadi Raja"). Lanskap pusat kota berupa kraton, alun-alun dengan dua beringin serta masjid diyakini pula dikonsep oleh Sunan Kalijaga.

Metode dakwah tersebut sangat efektif. Sehingga sebagian besar adipati di Jawa memeluk Islam melalui Sunan Kalijaga; di antaranya adalah adipati Pandanaran, Kartasura, Kebumen, Banyumas, serta Pajang.(Sumber : Wikipedia Bahasa Indonesia)

Acara dakwah Islam nguri-uri budaya jawa warisan Walisongo,dalam rangka pelaksanaan nadzar almarhum kiai Wuryanto,akan digelar insya Allah  pada :

Hari ,tanggal                : Sabtu Pahing (Malem Ahad Pon), 5 Oktober 2013
Tempat                        : Di Padukuhan Jatiwekas,desa Tangkil,kecamatan Kemalang,kabupaten
                                      Klaten,Jawa Tengah.
Waktu pukul                : 19.30 WIB – selesai.

Bersama Ki Joko Goro-Goro atau KH Abdul Rochim,S.Pd.I sang pengasuh Ponpes Darul Huda Demak si kota Wali provinsi Jawa Tengah.

Panitia penyelenggara kegiatan mengaharapkan kehadiran kaum muslimin wal muslimat di wilayah kecamatan Kemalang dan sekitarnya ,dan media on line www.kemalang.klaten.info untuk menyebarluaskan informasi sekaligus undangan ini.

Oleh : Kiswanto



Share this article :

0 komentar:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Kemalang Klaten - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info