TANAM SENGON BISA JADI JUTAWAN - Kemalang Klaten
Headlines News Klaten.Info :
Home » , » TANAM SENGON BISA JADI JUTAWAN

TANAM SENGON BISA JADI JUTAWAN

Written By kiswanto adinegara on Senin, 28 Oktober 2013 | 19.09

    Tanaman Sengon (Albizia Falcataria)



Kemalang ~ Di wilayah kecamatan yang berada di lereng Merapi seperti Manisrenggo,Karangnongko dan Kemalang tidak sulit menemukan tanaman sengon laut sepanjang musim.

Sengon laut atau jeujing ( Albizia Falcataria) termasuk familia Mimosaceae (leguminosae),pohon ini dapat menyuburkan tanah dan merupakan penghasil kayu untuk pertukangan.Cakupan pasarnya sangat luas baik dalam negeri maupun ekspor.

Albizia memiliki nilai ekonomi,cepat tumbuh,batangnya berkualitas baik dan produktivitasnya tinggi.Sengon termasuk jenis pohon tumbuh cepat dengan taksiran riapnya mencapai 37,4 meter kubik/ha/tahun.Tanaman ini masak panen umur 5 – 15 tahun.Sengon agar pertumbuhannya optimal membutuhkan tanah yang subur,seperti di sebagian besar wilayah lereng gunung Merapi.

Saat ini menjelang musim hujan merupakan saat yang tepat untuk menanam benih sengon.

Menurut H Lasiman warga padukuhan Tasikmadu,desa Keputran dengan menanam pohon sengon yang dipersiapkan selama delapan tahun hasilnya dapat untuk membiayai isterinya pergi haji ke Mekah Almukaromah, sebagaimana  disampaikan dalam khutbahnya saat menjadi khatib Jumat Pahing lalu.

Senada dengan Lasiman , Jokowi orang nomor satu di DKI Jakarta yang juga jebolan Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta tahun 1980,saat bicara dalam Dialog Tokoh dengan tema “Hutan untuk kemakmuran rakyat” mengatakan tanamlah sengon supaya cepat menjadi jutawan.
Jokowi dengan nada rendah dan santai mengatakan mulai dengan itung-itungan investasi dalam mengelola hutan tanaman secara sederhana dan gampang,yaitu dengan menanam pohon Sengon.

Ilustrasinya pada lahan seluas 1 hektar ,tanami bibit dengan asumsi pembiayaan untuk beli bibit,ongkos tanam,beli pupuk dan pemeliharaan kira-kira butuh dana Rp 32.000.000,00.Dalam waktu lima tahun tanaman masak panen hasilnya bisa mencapai Rp 900.000.000,00,dengan demikian pendapatan mencapai kurang lebih Rp 868.000.000,00.Itung-itungannya gampang ,kalau 5 tahun Rp 868 juta ,maka pendapatan perbulan sekitar Rp 14 jutaan (KR,27/10).

Walaupun tanpa penjelasan secara rinci untuk berbudidaya sengon ,namun fakta telah bicara,dengan menanam sengon isteri H Lasiman saat ini telah berhak menyandang gelar Hajjah di depan namanya.


Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Kemalang Klaten - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info