BPPTKG INGATKAN WARGA WASPADAI ANCAMAN LAHAR HUJAN - Kemalang Klaten
Headlines News Klaten.Info :
Home » , » BPPTKG INGATKAN WARGA WASPADAI ANCAMAN LAHAR HUJAN

BPPTKG INGATKAN WARGA WASPADAI ANCAMAN LAHAR HUJAN

Written By kiswanto adinegara on Selasa, 12 November 2013 | 00.22

    Peringatan di sepanjang Kali Woro.



Kemalang ~ Intensitas hujan sangat deras lazimnya terjadi pada awal-awal musim penghujan.Awal hingga medio November nampaknya belum terjadi hujan dengan intensitas sangat deras atau ekstrem yang berdampak melarutkan material yang masih berada di puncak Merapi.Jadi dimungkinkan hujan deras masih akan terjadi hingga akhir November 2013 ini.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta,mengingatkan agar warga utamanya yang bermukim di bantaran atau beraktifitas di sungai –sungai berhulu Merapi mewaspadai adanya ancaman banjir lahar akibat hujan deras dipuncak.

Peringatan itu juga terpampang di lokasi strategis sepanjang Kali Woro yang membelah wilayah Kemalang dan Manisrenggo kabupaten Klaten.Waspadai jika puncak Merapi terlihat berawan gelap  ,kemudian hujan kemungkinan daerah bawah akan menerima kiriman banjir lahar dingin.

Pengalaman tahun lalu,sejumlah truk pengangkut hasil penambangan galian C di Kali Woro terkena musibah banjir saat sedang beraktifitas ditengah Kali.

Menurut BPPTKG potensi banjir lahar hujan yang dapat mengalir di Kali Woro sebesar 3,9 juta meter kubik atau 6,74 % dari  total perkiraan material yang tersisa di puncak Merapi sebesar 57,8 juta meter kubik.

Sejumlah Sabo Dam sepanjang Kali  Woro tahun ini diperbaiki terutama yang rusak saat erupsi Merapi tahun 2010 lalu,diantaranya Dam Borangan, Dam Junut ,Dam Jaten di Manisrenggo dan Dam Karangbutan di Kemalang.


Oleh: Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Kemalang Klaten - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info