PASANG SURUT PRODUKSI DURIAN DI PASAR AGROPOLITAN 'KEMBANG' - Kemalang Klaten
Headlines News Klaten.Info :
Home » » PASANG SURUT PRODUKSI DURIAN DI PASAR AGROPOLITAN 'KEMBANG'

PASANG SURUT PRODUKSI DURIAN DI PASAR AGROPOLITAN 'KEMBANG'

Written By kiswanto adinegara on Minggu, 22 Desember 2013 | 21.34

                                                      Saat musim raya produksi durian



Kemalang ~  Seperti ombak dilautan demikian juga produksi hortikultura khususnya buah durian selalu mengalami pasang dan surut.Dalam ilmu agronomi lebih dikenal musim panen raya dan panen kecil.Panen raya dan non raya lazimnya silih berganti.

Sebagaimana hukum ekonomi jika barang melimpah alias panen raya harga jual produk pertanian dapat dipastikan anjlok, namun sebaliknya jika permintaan lebih besar dari penawaran harga jual tinggi.

Beberapa hari yang lalu teman-teman dari Jogya menanyakan apakah di pasar Agropolitan ‘Kembang’ desa Keputran ,kecamatan Kemalang sudah banyak dijual buah durian,karena lazimnya bulan Desember identik dengan musim panen kata Doni kepada kontributor klaten info.

Menurut pengamatan dilapangan memang sudah ada durian dijajakan di lapak khusus durian sebelah utara pasar.Sepertinya buah durian yang dijual itu didatangkan dari luar daerah kata Hartanti seorang pedagang buah setempat,karena belum terlihat saat pagi hari petani menjual sendiri hasilnya kepasar kembang imbuhnya.

Ditanya soal harga,wah kalau saat ini harganya relatif mahal bisa mencapai Rp 30.000,00 – 50.000,00 perbuah sesuai besar kecilnya .Beda kalau musim besar harga bisa jauh dibawahnya.Itu saja soal rasa belum jelas enak apa tidak  jelasnya.

Betul juga kata pedagang itu,saat dilakukan pengamatan pada pohon-pohon durian besar disekitar pasar Kembang memang terlihat buah durian masih pentil alias kecil dengan jumlah sedikit.

Kira-kira bulan Januari – Februari 2014 petani sekitar pasar Kembang akan panen.Itupun bukan panen raya seperti tahun 2012 kemarin. Tahun ini analog dengan tahun 2011 pasca erupsi Merapi panennya jeblok dan saat itu rasanya kurang enak barangkali terdampak abu vulkanik kata Sugi pedagang durian yang sudah bertahun-tahun mangkal di sekitar pasar.

Dengan informasi ini semoga teman-teman atau para pemburu durian dari luar daerah khususnya DIY dapat bersabar atau menjadikan referensi sehingga dapat mengalihkan sasaran perburuan ketempat lain,imbau Doni mengakhiri pembicaraan di pasar Agropolitan Kembang di jalan Deles Indah.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Kemalang Klaten - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info