JURUS BERBURU DURIAN DI PASAR KEMBANG - Kemalang Klaten
Headlines News Klaten.Info :
Home » , » JURUS BERBURU DURIAN DI PASAR KEMBANG

JURUS BERBURU DURIAN DI PASAR KEMBANG

Written By kiswanto adinegara on Senin, 06 Januari 2014 | 18.26

 
                     Durian yang disuka dan diburu walau mahal harganya

Kemalang ~ Bulan Januari lazimnya kawasan agropolitan ‘Maniskenong’ dengan komoditas utama buah durian telah panen.Kawasan Manisrenggo,Kemalang dan Karangnongko (Maniskenong) ,kabupaten Klaten merupakan sentra produsen durian yang cukup tersohor.Dan dari menjual durian pendapatan petani terdongkrak cukup signifikan.

Wilayah kecamatan Manisrenggo dan Karangnongko menjadi hinterland yang memasok durian ke pasar agropolis yakni pasar Kembang ,kecamatan Kemalang.Pasar Kembang sudah sangat dikenal oleh para duren maniak di wilayah Klaten dan sekitarnya.Dan ketenarannya sejatinya tidak bisa dipisahkan dengan destinasi pariwisata Deles Indah.

Sebagaimana diberitakan beberapa waktu yang lalu, tahun ini di kawasan ini belum musim panen durian lokal.Melihat keadaan lapangan pohon durian yang berbuah ,buahnya masih kecil-kecil dan nampaknya bukan musim panen raya kali ini sebagaimana dituturkan Tinah di pasar buah tersebut.

Jadi durian yang dijual dipasar Kembang saat ini dapat dipastikan merupakan duren ‘impor’ dari luar daerah.Sebagaimana diakui salah seorang penjual ,bahwa dagangannya merupakan bawaan dari luar.Insting pedagang begitu kuat sehingga dengan menjual di pasar yang telah punya nama dipercaya akan laris manis diserbu pembeli.

Bicara soal harga tentu jauh diatas kondisi normal jadi lebih mahal.Saya ditawari perbuah rata-rata minta Rp 50.000,00 padahal tidak besar,kata Widodo Doir saat berburu duren hari Minggu (5/1) kemarin.Dan dengan jurus berani menawar mulai perbuah Rp 25.000,00 an akhirnya deal empat buah kena Rp 125.000,00 katanya kepada kontributor klaten info bangga.

Lumayan kalau hanya manut saja pada bakulnya kan Rp 75.000,00 bablas ,kan bisa untuk beli bensin dan jajan anaknya yang masih TK dan ikut serta,tambahnya.Disamping tidak sungkan menawar harus jeli memilih yang baik dan enak diantara tumpukan duren itu ,demikian rekomendasi Widodo yang pegawai Dinas Kehutanan dan Perkebunan itu.

Belum atau tidak musim panen raya saat ini dapat dilihat tidak adanya lapak-lapak penjual durian di sepanjang jalan Prambanan – Kembang dan Gondang – Kembang – Deles Indah.Juga kalau pagi hari tidak nampak petani-petani produsen menjual durennya secara langsung pada pengepul di pasar buah-buahan tersebut.

Oleh : Kiswanto


Share this article :

0 komentar:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Kemalang Klaten - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info