PETANI DUREN KELUHKAN JELEKNYA PRODUKSI TAHUN INI - Kemalang Klaten
Headlines News Klaten.Info :
Home » , » PETANI DUREN KELUHKAN JELEKNYA PRODUKSI TAHUN INI

PETANI DUREN KELUHKAN JELEKNYA PRODUKSI TAHUN INI

Written By kiswanto adinegara on Jumat, 24 Januari 2014 | 16.50

                      Foto ketika produksi durian bagus , Tahun ini produksi durian jelek (sbr : FB)



Kemalang ~ Kecamatan Kemalang merupakan salah satu kawasan penyangga produksi durian di kabupaten Klaten,disamping Manisrenggo dan Karangnongko.

Pada musim panen kali ini petani durian mengaku hasilnya jelek disamping jumlahnya sedikit.Banyak durian yang berjatuhan alias gogrok sebelum masak panen demikian dituturkan Marjono petani durian di dekat pasar Kembang kepada kontributor klaten info.

Gogroknya sebagian besar buah durian sebelum masak panen juga dikeluhkan oleh Maz Harjoko Klaten pada akun jejaring sosialnya.

Buah berkulit duri tersebut nampaknya sudah tua dan jatuh namun sebagian besar doleren alias bosok ,karena kebanyakan curah hujan sehingga diserang ulat buah imbuhnya.

Pasar  Kembang di desa Keputran,kecamatan Kemalang adalah sentra pasar durian dari ketiga wilayah hinterland  produksi buah lezat itu dan layak disebut sebagai agropolis.

Berdasarkan pengamatan di pasar Kembang memang nampak durian yang dijual tidak sebanyak tahun lalu.Dan buah yang dijual merupakan durian yang didatangkan dari luar daerah.

Berdasarkan data BPS Klaten produksi durian kecamatan Kemalang 2011 mencapai 16.280 kuintal atau naik 78,86 % dibanding tahun sebelumnya yan jeblok akibat erupsi Merapi.

Menurut Sugiyanto pedagang durian memperkirakan produksi tahun ini akan jauh dibawah tahun 2011 dan kualitasnya juga menurun katanya saat ditemui di pasar buah-buahan itu.

‘Saya Minggu lusa beli durian di pasar Kembang Rp 125.000,00 dapat empat buah ,eh ternyata ketika dipecah dan dimakan dirumah tidak enak sepertinya duren karbitan ‘ demikian penuturan Slamet Widodo konsumen durian dari Kebonarum , Klaten.

Jeleknya produksi durian juga dikeluhkan Sutasmi petani yang memiliki beberapa pohon durian yang berbuah tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya.Satu pohon besar yang telah berusia lebih 50 tahun juga berbuah sedikit.Kemarin berjatuhan tetapi semuanya busuk ‘ keluhnya.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Kemalang Klaten - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info