HARGA BUNGA MAWAR SANGAT MURAH DI MUSIM PENGHUJAN - Kemalang Klaten
Headlines News Klaten.Info :
Home » , » HARGA BUNGA MAWAR SANGAT MURAH DI MUSIM PENGHUJAN

HARGA BUNGA MAWAR SANGAT MURAH DI MUSIM PENGHUJAN

Written By kiswanto adinegara on Rabu, 12 Februari 2014 | 19.02

 
Bunga mawar merah putih harganya sangat murah.


Kemalang  ~  Harga produk hortikultura khususnya bunga mawar pada musim penghujan begini tidak seelok sayuran seperti  lombok , terong , wortel dan lain sebagainya.Harga sayuran bisa naik sangat tinggi manakala dibandingkan saat  musim kemarau.

Saya beli perkilogram bunga mawar  dari petani di desa Tlogowatu ,kecamatan Kemalang Rp 24.000,00 demikian penuturan seorang Ibu bakul kembang mawar di pasar Kembang kepada kontributor klaten info.Kalau musim penghujan bunga mawar gampang busuk , sehingga setelah dipetik harus segera dijual kendatipun harganya sangat murah, imbuhnya.

Berbeda dengan saat musim kemarau  kualitas bunga mawar sangat bagus dan harganya pun jadi lebih mahal. Yang sangat luar biasa adalah musim kemarau tahun lalu dan kebetulan pas bulan  Ruwah harga bunga mawar per kilogram mencapai Rp 250.000,00.

Pada bulan Ruwah lazimnya masyarakat banyak yang nyekar pada para leluhurnya yang telah tiada di tempat pemakaman umum atau keluarga .Diluar bulan itu sebagian masyarakat setiap hari  Kamis malem Jumat  juga melaksanakan  ‘nyekar’ atau ziarah kubur untuk mengirim doa disertai menabur bunga –bungaan utamanya mawar agar berbau wangi.

Dengan demikian setiap hari Kamis menjelang Jumat dengan gampangya mendapatkan penjual bunga mawar di pinggir jalan komplek pasar Kembang.Barangkali nomenklatur pasar Kembang dahulu kala juga diambilkan dari banyaknya penjaja bunga atau kembang di pasar yang berada dikaki gunung Merapi itu.

Lahan kering dilereng Merapi memang terkenal sangat subur dan dengan ketinggian lebih dari 600 m dpl sangat cocok untuk budidaya tanaman hortikultura termasuk tanaman hias.
Seberapapun murahnya harga jual produksi bunga dari petani saat musim penghujan  ,mereka senantiasa menyukurinya karena lahan mereka rerata masih cukup luas dan dapat ditanami berbagai jenis tanaman yang dapat menghasilkan uang.

Kiat mendapatkan harga bunga mawar sangat murah datanglah agak siang atau lebih jam 09.00 WIB di pasar Kembang  saat hari Kamis dijamin anda akan memperoleh diskon luar biasa , mengingat bunga mawar tidak tahan lama disimpan sehingga para penjual akan banting harga, dari pada modal tidak kembali, demikian penuturan Doni warga sekitar pasar Kembang .

Oleh : Kiswanto  


Share this article :

0 komentar:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Kemalang Klaten - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info