MUSIM PENGHUJAN HARGA PISANG STABIL - Kemalang Klaten
Headlines News Klaten.Info :
Home » » MUSIM PENGHUJAN HARGA PISANG STABIL

MUSIM PENGHUJAN HARGA PISANG STABIL

Written By kiswanto adinegara on Minggu, 09 Februari 2014 | 19.12

 
 Ny Walidi diantara pisang dagangannya di lapak pasar Kembang

Kemalang ~ Berbeda dengan produk hortikultura lainnya , khusus buah pisang pada musim hujan seperti ini tidak ada masalah.Harga buah yang lazim disebut buah ‘meja’ ini stabil,demikian dituturkan Nyonya Walidi seorang pedagang pisang di pasar Kembang kepada kontributor klaten info beberapa hari yang lalu.

Pisang – pisang ini didatangkan dari luar daerah baik Jawa Tengah seperti Purbalingga ,Wonosobo dan sekitarnya , disamping itu juga dari DI Yogyakarta seperti Sleman dan Gunungkidul,katanya.

Harga satu tandan atau tundhun pisang ambon bisa mencapai Rp 100.000,00 – 150.000,00 tergantung kualitasnya.Kalau kepok lebih murah yakni antara Rp 5.000,00 – 75.000,00 an .Musim penghujan seperti ini harga pisang relatif stabil , karena pasokan dari berbagai daerah sentra produksi pisang lancar-lancar saja.

Dikonfirmasi tentang pemasarannya , pedagang yang telah menggeluti dunia perpisangan sejak puluhan tahun ini mengaku tidak ada kendala , sudah ada pembeli yang mengambilnya.Sebagaimana penjualan  ia mengaku tidak perlu mencari buah pisang ke kebun atau ladang petani seperti zaman dulu , sekarang dagangan datang sendiri. Jadi duduk manis saja dilapak semuanya beres, jadi lebih efisien imbuhnya.

Buah pisang ini lazimnya dikirim ke Solo , Klaten ,Yogyakarta dan sekitarnya,baik untuk konsumsi , piranti pesta pernikahan, hingga di jual di super market.

Bakul pisang yang berdomisili di padukuhan Kembang itu mengatakan bahwa siapapun yang butuh buah pisang segar dapat sewaktu-waktu datang di sentra penjualan pisang tepatnya sebelah utara pasar Kembang , kecamatan Kemalang di pinggir jalan raya menuju kabupaten Boyolali, imbuhnya mengakhiri perbincangan.

Oleh : Kiswanto


Share this article :

0 komentar:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Kemalang Klaten - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info