TAK ADA HUJAN CEMARAN ABU VULKANIK MERAPI DIKELUHKAN WARGA - Kemalang Klaten
Headlines News Klaten.Info :
Home » » TAK ADA HUJAN CEMARAN ABU VULKANIK MERAPI DIKELUHKAN WARGA

TAK ADA HUJAN CEMARAN ABU VULKANIK MERAPI DIKELUHKAN WARGA

Written By kiswanto adinegara on Sabtu, 29 Maret 2014 | 23.30

    Seorang warga membersihkan cemaran abu vulkanik di atap rumahnya



Kemalang  ~  Letusan gunung Merapi secara mendadak pada  Kamis Kliwon  (27/3) sekitar pukul 13.13 WIB membuat warga yang berada di kawasan rawan bencana tiga panik.Pasalnya menyusul suara gemuruh yang hebat dan menggetarkan perabot rumah , hujan kerikil, pasir dan abu  terjadi cukup tebal.

Paparan abu bercampur pasir terlontar hingga  sekitar kota  kecamatan Kemalang  , Karangnongko  dan Manisrenggo yang berjarak  15 km dari puncak Merapi. Atap rumah dan pepohonan nampak keputihan terpapar abu vulkanik.Bahkan sekitar pukul 16.00 WIB abu Merapi sudah menghujani kota Klaten.

Sisa-sia abu Kelud yang dikirim  14 Februari 2014 saja belum bersih benar , malah dikirim lagi dari Merapi, pecuma saja bersih-bersih rumah karena jika ada hembusan angin pasir dan abu pasti akan mengotori seisi rumah lagi .Hingga hari ketiga belum ada hujan turun jadi abu Merapi setiap saat akan mencemari lingkungan, nek digagas bikin stress saja , demikian keluhan Sunami warga Kembang  Kemalang  kepada kontributor klaten info.

Pengalaman kemarin saat abu vulkanik Kelud yang lebih tebal mencemari semuanya , diperlukan biaya cukup banyak untuk membersihkannya.Demikian juga kali ini dibutuhkan ongkos dan tenaga ekstra untuk membersihkannya hingga tuntas,demikian imbuhnya

Belum dampak lain seperti hijauan pakan ternak harus dicuci sebelum diberikan kepada ternak , terhadap kesehatan  kulit bisa gatal-gatal karena alergi , batuk dan mata perih karenanya ,membuat sejumlah warga harus waspada dan menjaga diri dari cemaran abu tersebut agar terhindar dari hal-hal yang tidak dikehendaki.

 Warga berharap segera ada guyuran hujan yang deras agar cemaran abu bercampur pasir vulkanik Merapi bersih dari atap ,jalan serta pepohonan,sehingga membuat  nyaman dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Kemalang Klaten - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info