POHON KELAPA UNIK BERCABANG LIMA ,MENARIK PERHATIAN WARGA - Kemalang Klaten
Headlines News Klaten.Info :
Home » , » POHON KELAPA UNIK BERCABANG LIMA ,MENARIK PERHATIAN WARGA

POHON KELAPA UNIK BERCABANG LIMA ,MENARIK PERHATIAN WARGA

Written By kiswanto adinegara on Senin, 14 April 2014 | 21.28

 
                                           Pohon kelapa unik terlihat bercabang  tiga.

Kemalang  ~  Tanaman yang termasuk  golongan monokotil  lazimnya memiliki batang pohon tunggal dan tidak bercabang.Namun dialam ini terkadang  dijumpai hal-ihwal  keunikan  dan ketidak laziman atas kehendak Tuhan Allah sang maha pencipta jagat raya .

Sebagaimana sebatang pohon kelapa unik  yang tumbuh di padukuhan Gatak , desa Keputran , kecamatan Kemalang , kabupaten Klaten , pohonnya  bercabang  empat .Pohon yang hidup dan telah berumur puluhan tahun tersebut tumbuh di pagar pinggir jalan raya Deles Indah atau sekitar  tiga ratus meter  barat laut pasar Kembang.Sehingga bagi yang berminat mudah mencari dan melihatnya dari dekat.

Menurut penuturan pemiliknya Trigono ( 65  tahun)  pohon kelapa unik itu  semula tumbuh normal , karena memang berasal dari benih yang biasa,namun ketika mencapai ketinggian kira-kira tujuh meter  pohon utama tumbuh satu cabang,sehingga menjadi  pohonnya menjadi dua.Selang beberapa tahun kemudian  dari salah satu cabangnya tumbuh lagi satu cabang sehingga terlihat pohon kelapa itu berbatang tiga.



 
Ketika pohon kelapa unik bercabang lima

Diketahui pohon itu mulai bercabang pertama kali kira-kira pada tahun 2000 an,saat pohon itu sudah berumur belasan tahun  ,imbuhnya saat bertemu dengan kontributor klaten info..

Dan anehnya  pertumbuhan cabang tidak berhenti, selang beberapa tahun kemudian pada salah satu cabang yang lain akhirnya tumbuh satu cabang lagi sehingga, akhirnya seperti yang terlihat saat ini pohon nyiur itu  memiliki batang lima  buah. Kedepan apakah akan tumbuh cabang lagi , wallahu ‘alam .

Menurut Widodo Doir pria kreatif yang suka mengutak-atik fenomena unik  kenapa bercabang lima ,itu merupakan simbol serta peringatan bagi manusia karena angka ganjil 5  itu angka yang sangat bagus seperti rukun Islam ada 5 , manusia diwajibkan sholat 5 waktu dalam sehari , dasar negara kita Pancasila ,'kiblat  papat lima pancer '  dan lain sebagainya ,demikian komentarnya terhadap pohon kelapa unik itu. 

Menurut  pengamatan dan perbincangan dengan pemiliknya pohon kelapa merah itu semula berbuah cukup banyak,namun setelah dibersihkan beberapa tahun yang lalu justru jarang berbuah banyak.Batangnya juga tidak  besar barangkali karena tumbuh di pagar yang sudah ditembok dengan semen.Namun demikian pohon unik itu nampaknya tidak akan ditebang  dan  akan dipertahankan selama-lamanya ,sebagai koleksi  tanaman unik.

Banyak warga sekitar yang  tertarik melihat pohon unik itu , disamping melihat  diantara mereka  sering mengambil gambar  dengan ponsel maupun kamera,demikian penuturan Maidi warga setempat kepada kontributor klaten info.

Oleh  : Kiswanto


Share this article :

1 komentar:

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Kemalang Klaten - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info