MERAPI ‘ BATUK KECIL ‘ , LAGI - Kemalang Klaten
Headlines News Klaten.Info :
Home » » MERAPI ‘ BATUK KECIL ‘ , LAGI

MERAPI ‘ BATUK KECIL ‘ , LAGI

Written By kiswanto adinegara on Minggu, 20 April 2014 | 20.47



Puncak Merapi.
 
Kemalang   ~  Selama tahun 2014 ,hingga Minggu Wage ( 20/4 ) , gunung Merapi  yang terkenal aktif didunia  itu sudah meletus sebanyak  tiga kali.Pertama pada Senin Pon (10/3) pada pukul 07.10 WIB dan kedua Kamis Kliwon (27/3) pukul 13.12 WIB.

Berdasarkan informasi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), terdengar suara gemuruh sekitar delapan menit via pos pemantauan Babadan, Magelang, sekitar pukul 04.26 – 04.40 WIB, Minggu Wage (20/4/2014).

Kemudian muncul lava pijar sejauh 1 km mengarah ke hulu Kali Senowo. Dilaporkan di sejumlah desa yang ada di lereng gunung sebelah barat , barat daya dan selatan , mengalami hujan abu tipis.Untuk wilayah Klaten tidak  ada hujan abu.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Gunung Merapi yang terletak di DIY dan Jateng kembali terjadi letusan kecil atau hembusan selama 14 menit, Minggu (20-4-2014) pukul 04.26 – 04.40 WIB.


Letusan kecil disertai suara gemuruh dan disusul lava pijar sejauh 1 km mengarah ke hulu Kali Senowo dari puncak kawah Gunung Merapi.
Hujan abu dan pasir terjadi di daerah-daerah di radius 12 km sisi tenggara hingga barat daya.


BPPTKG Badan Geologi telah melaporkan letusan G. Merapi tersebut ke Posko BNPB, BPBD Magelang, BPBD Sleman, BPBD Klaten dan BPBD Jawa Tengah.
Berhubungan dengan status Gunung Merapi tetap normal. Tidak ada peningkatan aktivitas vulkanik pasca letusan .

Lava pijar yang keluar dari kawah bukan material juvenile (magma baru). Merapi belum memasuki fase letusan magmatic baru.


Material yang keluar adalah gas vulkanik yang dominan CO2 yang memicu letusan.
Adanya beberapa kali gempa tektonik di DIY & Jawa Tengah berpengaruh pada sistem internal di G.Merapi sehingga terjadi pelepasan CO2.


Berdasarkan laporan dari BPBD tidak ada masyarakat yang mengungsi. Masyarakat di sekitar Merapi dihimbau terus meningkatkan kewaspadaan.

Menurut pengamatan kontributor klaten info pagi hari banyak truk yang sedianya mencari pasir di wilayah Kali Woro kecamatan Kemalang ,kabupaten Klaten mengurungkan niatnya dan kembali turun tanpa muatan.Para penambang belum berani beraktifitas sebelum ada informasi terkait kepastian keamanan Merapi dari pemerintah.


Letusan pada pagi ini (20/4) mirip dengan letusan pada 15 Juli 2012; 22 Juli 2013; 18 November 2013; 10 Maret 2014; dan 27 Maret 2014. Masyarakat dihimbau harus selalu waspada!

Oleh ; Kiswanto


Share this article :

0 komentar:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Kemalang Klaten - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info