PEMKAB KLATEN TUTUP PENAMBANGAN GALIAN GOL C TAK BERIZIN - Kemalang Klaten
Headlines News Klaten.Info :
Home » , » PEMKAB KLATEN TUTUP PENAMBANGAN GALIAN GOL C TAK BERIZIN

PEMKAB KLATEN TUTUP PENAMBANGAN GALIAN GOL C TAK BERIZIN

Written By kiswanto adinegara on Minggu, 13 April 2014 | 22.20

Penambangan galian gol C marak di Kali Woro



Kemalang  ~  Pemerintah kabupaten Klaten dalam hal ini  Bagian Perekonomian pada Sekretariat  Daerah kabupaten Klaten  secara resmi menutup dan melarang aktivitas penambangan galian golongan C tak berizin ,terhitung mulai 1 Apri 2014.

Pengumuman larangan tersebut salah satunya lewat spanduk  di dekat pos penarikan retribusi  pertambangan galian golongan C di Mipitan desa Somokaton ,kecamatan Karangnongko,yang juga telah ditutup.

Tulisan dalam spanduk tersebut  adalah  : “ Dilarang melakukan penambangan tanpa izin, berdasarkan Undang-Undang nomor 4 tahun 2009,tentang Pertambangan Mineral dan Batubara. Dalam pasal 158 berbunyi setiap orang yang melakukan usaha penambangan tanpa IUP , IPR  atau IUPK sebagaimana dimaksud dalam pasal  37 , pasal 40 (ayat 3) , pasal 48 ,pasal  67 ( ayat 1) , pasal 74 (ayat 1) atau ayat 5 dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak 10 miliar rupiah” .

Menurut  kabag Perekonomian Setda kab Klaten  dari 25 penambang hanya satu yang berizin , namun demikian pemegang izin tersebut ternyata juga melanggar karena  melakukan penambangan di lkasi terlarang atau tidak sesuai zonasi yakni di tebing Kali Woro.

Pihaknya telah berulang kali melakukan sidak dan memberikan peringatan tertulis kepada penambang tersebut.Dan kini berdasarkan hasil rapat kordinasi instansi terkai di Setda awal Maret 2014 telah diputuskan untuk menghentikan aktifitas penambangan illegal ,sebagaimana perintah Bupati Klaten kepada Tim Pengendali dan Penertiban Pertambangan bukan Logam di kabupaten Klaten (KR,7/3).

Menurut pengamatan kontributor klaten info  ternyata masih cukup banyak truk pengangkut  hasil tambang galian golongan C yang  melewati pos  retribusi Mipitan yang tutup tersebut.Praktis tidak ada yang memungut  pajak  disitu ,sehingga para sopir truk ‘ gratis ‘ melenggang  .

Masih banyaknya truk  bermuatan pasir yang melintas dijalan wilayah Klaten tentunya akan berdampak  pada rusaknya jalan.Mengingat selama ini muatan berlebih menjadi biang keladi kerusakan infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah Klaten .Sementara dengan ditutupnya pos retribusi pemkab berarti kehilangan masukan pajak galian gol C sebagai PAD.

Kebijakan ini,perlu secepatnya dievaluasi agar pemerintah kab Klaten tidak mengalami ketekoran target PAD dari sektor pertambangan.

Warga  berharap agar pemerintah kabupaten melakukan pengawasan  dan pemantauan secara  intens dilapangan atas kemungkinan adanya  penambang  nekat beroperasi didaerah terlarang.Serta melakukan operasi  terhadap truk pasir yang melanggar rambu-rambu larangan  yang sudah terpasang diberbagai tempat,serta menindak tegas atas pelanggaran tersebut,demikian pengharapan warga Klaten Slamet Widodo kepada kontributor klaten info.

Oleh : Kiswanto

Share this article :

0 komentar:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Kemalang Klaten - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info