BPBD KLATEN MULAI DROPPING AIR BERSIH ,UTAMAKAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM - Kemalang Klaten
Headlines News Klaten.Info :
Home » , » BPBD KLATEN MULAI DROPPING AIR BERSIH ,UTAMAKAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM

BPBD KLATEN MULAI DROPPING AIR BERSIH ,UTAMAKAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM

Written By kiswanto adinegara on Senin, 16 Juni 2014 | 20.08

 
Truk tanki air bersih mulai dropping di wilayah rawan bencana kekeringan .




Kemalang  ~   Memasuki musim kemarau tahun ini ,sejumlah warga lereng Merapi kecamatan Kemalang mulai membutuhkan air bersih.

Warga kurang mampu yang membutuhkan air bersih saat ini bisa tersenyum lega  pasalnya pemerintah kabupaten Klaten cq Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  terhitung mulai  Selasa ,10 Juni 2014  mengawali dropping air bersih di desa Balerante yang merupakan salah satu desa rawan kekeringan di kecamatan Kemalang.

Menurut  informasi BPBD kabupaten Klaten lewat akun jejaring sosialnya Senin (16/6) dropping air bersih dilaksanakan di desa Tlogowatu.Oleh seorang warga setempat Tri Efendi ditanggapi  bahwa droping air bersih di Tlogowatu dinilai sangat tepat sasaran.

Beberapa hari ini BPBD mengoperasionalkan dua armada truk tanki ,dalam satu hari maksimal dapat melayani dropping  hingga delapan rit.Air bersih yang disalurkan tersebut lazimnya diambil dari umbul Geneng , sumber air Pacitan atau Kepurun.

Mengingat keterbatasan anggaran dari APBD kabupaten tahun 2014 ,  BPBD fokus untuk pengisian bak penampungan umum atau mushola.Tetapi tidak menutup kemungkinan di lapangan, apabila terdapat warga yang  benar - benar tidak mampu dan  sangat membutuhkan dropping, kita tidak bisa menutup mata, namun yang kita utamakan tetap pengisian bak penampungan umum atau di masjid /mushola,demikian tegasnya.

Isti Kurniawati warga desa Sidorejo mengaku juga menunggu dropping dari BPBD karena persediaan air bersihnya kian menipis.Oleh BPBD diminta agar melaporkan dan mengusulkan kepada kepala desa setempat ,kemudian selanjutnya  pemerintah desa  mengajukan permintaan dropping kepada BPBD kabupaten Klaten.

Menurut Tugino salah seorang tenaga penjual jasa  air bersih swasta mengatakan untuk satu tanki ukuran 5.000 liter , dijual dengan harga antara Rp 150 – 190 ribu untuk daerah Sidorejo dan sekitarnya.

Dan beberapa hari terakhir ini armadanya telah mulai dropping di wilayah kecamatan Kemalang demikian penuturan  Tugino kepada kontributor klaten info  di sumber air Dadap padukuhan Kadilajo kemarin siang.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Kemalang Klaten - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info