PERBAIKI HABITAT KERA WARGA TANAM BIBIT BUAH –BUAHAN DI LERENG MERAPI - Kemalang Klaten
Headlines News Klaten.Info :
Home » , » PERBAIKI HABITAT KERA WARGA TANAM BIBIT BUAH –BUAHAN DI LERENG MERAPI

PERBAIKI HABITAT KERA WARGA TANAM BIBIT BUAH –BUAHAN DI LERENG MERAPI

Written By kiswanto adinegara on Selasa, 01 Juli 2014 | 21.11

 
Warga lereng Merapi saat gerakan menanam bibit buah-buahan ( 21/6) foto BPBD klaten




Kemalang  ~  Ada pepatah mengatakan ‘ ada asap tentu ada api ‘ , demikian halnya peristiwa yang sering terjadi akhir-akhir ini dimana segerombolan kera ekor panjang keluar dari sarangnya dan merusak  tanaman pertanian milik warga di lereng Merapi.

Tentu tidaklah bijak manakala sekawanan kera itu  secara mutlak dipersalahkan.Yang perlu dikaji adalah kenapa kera –kera itu keluar dari habitatnya .Barangkali amatlah sederhana jawabnya ,karena mereka butuh makan dan minum sementara dihabitatnya rusak sehingga tidak lagi tersedia cukup pakan untuk mempertahankan hidup komunitasnya.Atau barangkali karena over populasi.

Kera ekor panjang merupakan satwa yang dilindungi keberadaannya guna menyeimbangkan siklus kehidupan dialam ini.Sehingga tidak dibenarkan membunuhnya dengan semena-mena.

Berubahnya fungsi habitat kera oleh karena faktor alam maupun ulah manusia nampaknya sebagai pemicu defisitnya stok pangan lestari  bagi komunitas satwa tersebut.Kerusakan oleh alam sebagaimana diketahui  akibat erupsi Merapi yang dahsyat tahun 2010 meluluhlantakkan ribuan hektar kawasan hutan lindung di lereng Merapi.

Sedangkan ulah manusia yang mengusik kemapanan habitatnya adalah perambahan hutan , serta penambangan yang tidak mengindahkan pelestarian fungsi lingkungan hidup secara berkelanjutan .

Guna mengantisipasi serangan kera ekor panjang kedepan timbulah kesadaran untuk melakukan penghijauan dan reboisasi pada lahan-lahan yang berada dibeberapa wilayah desa dilereng Merapi yang merupakan habitat kera ekor panjang.

Sebagaimana dilakukan oleh warga , relawan , anggota koramil Kemalang dan SKPD BPBD kabupaten Klaten pada Sabtu ( 21/6) yakni gerakan penanaman ratusan bibit tanaman buah-buahan yang disukai kera seperti jambu , talok dan lain sebagainya .Lokasi sararan penanaman diwilayah desa Tlogowatu dan desa Tegalmulyo ,kecamatan Kemalang demikian  informasi BPBD Klaten dalam situs jejaring sosialnya.

Sementara di wilayah desa Balerante  menurut kaur Pemerintahan desa ,Jainu  bahwa belum lama ini ada salah satu SMK di Yogyakarta yang peduli terhadap kelestarian fungsi lingkungan hidup di Balerante mengadakan kegiatan penanaman pohon talok 300 batang dan jambu biji 400 batang diarahkan ditanam bersama warga setempat  dipinggir desa dan tebing Kali Woro yang menjadi habitat satwa liar yang dilindungi itu.


Terkait dengan waktu penanaman bibit yang dilakukan saat memasuki  kemarau Jainu optimis tidak ada kendala pasalnya beberapa hari terakhir diwilayah nya masih sering turun hujan  cukup deras,imbuhnya.

Oleh : Kiswanto



Share this article :

0 komentar:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Kemalang Klaten - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info