POKTAN MITRA SEJAHTERA BUAT KEBUN BIBIT RAKYAT UNTUK PENGHIJAUAN - Kemalang Klaten
Headlines News Klaten.Info :
Home » , » POKTAN MITRA SEJAHTERA BUAT KEBUN BIBIT RAKYAT UNTUK PENGHIJAUAN

POKTAN MITRA SEJAHTERA BUAT KEBUN BIBIT RAKYAT UNTUK PENGHIJAUAN

Written By kiswanto adinegara on Kamis, 09 Oktober 2014 | 06.25

 
Bibit sengon laut yang tumbuh diberi naungan blarak



Kemalang  ~  Dalam rangka pemberdayaan petani pada kegiatan rehabilitasi lahan dan konservasi tanah dan air  khususnya  lahan kritis di kecamatan Kemalang Kementerian Kehutanan cq  Balai Pengelolaan DAS Solo memberikan bantuan kepada kelompok tani agar berpartisipasi secara aktif dan lebih bertanggung jawab.

Bantuan itu diantaranya berupa pembuatan Kebun Bibit Rakyat ( KBR ) ,yang dilaksanakan oleh Poktan Mitra Sejahtera desa Kemalang pada tahun anggaran 2014 .


KBR yang berlokasi di padukuhan Randuawar itu ditargetkan menghasilkan bibit penghijauan sejumlah 40.000 batang yang terdiri dari jenis sengon laut 37.500 batang dan petai  2.500 batang  dengan media polibag.

Luas KBR sekitar 0,125 hektar yang menempati  tanah tegalan milik kepala desa Kemalang itu menurut data pada papan mutasi  ditaburi benih pada tanggal 10 Juni 2014 dan disemai pada 24 Juni 2014.

Menurut penuturan salah satu warga Randuawar  sebagian besar benih petai tidak tumbuh secara optimal , sementara untuk sengon laut tumbuh cukup baik dan merata dengan ketinggian kurang 15 cm.

Untuk mengairi pembibitan ini kelompok membuat tandon air , sedangkan airnya membeli dari truk tanki imbuhnya saat ditemui klaten info.

 
Saat ketua poktan akan dikonfirmasi  tidak ada dilokasi ,menurut pantauan klaten info  bibit sengon yang tumbuh cukup baik telah diberi naungan dari  blarak  ,sedangkan sekitar  9 – 10 bedeng yang telah terisi polibag terlihat  tidak ada benih yang tumbuh



Apabila produksi bibit KBR ini akan ditanam untuk musim tanam tahun ini maka  pihak pengelola  baik poktan , PPK serta para pihak terkait seyogianya segera mengambil langkah-langkah konkrit  agar bibit yang dihasilkan  terpenuhi  dari aspek kuantitas serta kualitasnya.

Sekurangnya pembuatan KBR dengan target bibit 40.000 batang memanfaatkan dana sekitar Rp 40 jutaan demikian penjelasan petugas dari Dinas Kehutanan dan idealnya menghasilkan bibit siap tanam secara teknis mencapai ketinggian sekitar 30 cm dengan batang sudah berkayu  katanya.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Kemalang Klaten - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info