RENCANA RELOKASI PASAR KEMBANG DITOLAK WARGA - Kemalang Klaten
Headlines News Klaten.Info :
Home » , , » RENCANA RELOKASI PASAR KEMBANG DITOLAK WARGA

RENCANA RELOKASI PASAR KEMBANG DITOLAK WARGA

Written By kiswanto adinegara on Sabtu, 17 Januari 2015 | 20.28



 
Salah satu spanduk Kompas benada protes keras

Kemalang ~ Menurut pengamatan klaten info Jumat Kliwon ( 16/1) pagi , setidaknya  terpasang lima spanduk yang berisikan nada protes kepada pemerintah kabupaten Klaten disekitar pasar Kembang ,kecamatan kemalang .

“ Sadumuk bathuk sanyari bumi , Pasar Kembang tetep digondeli ,Kuwi harga mati “ ,kalimat berbahasa Jawa yang maknanya sangat dalam  ini ditulis pada spanduk kain dipasang di Gapura batas wilayah kecamatan Kemalang dengan Karangnongko di padukuhan Mipitan.
Di depan balai desa Keputran spanduk melintang jalan raya bertuliskan “ Aliansi masyarakat Kemalang menolak relokasi pasar Kembang “

Kemudian ada dua spanduk dan satu baliho dipasang di sekitar pasar Kembang , diantaranya “ Pasar Kembang Jimat ,Sopo mindah Jimat mesti kuwalat “ di pasang gapura padukuhan Tasikmadu wetan pasar dan  , “ Selamatkan pasar Kembang sumber panguripan masyarakat Kemalang “ dipasang di Gapura desa Kadilajo yang merupakan batas wilayah kecamatan Kemalang - Karangnongko.

Sementara satu baliho besar dipasang di utara pasar Kembang dengan isi “ Komunitas Pasar Kembang ( Kompas ) menolak relokasi Pasar Kembang “, dan mengingatkan pejabat kabupaten Klaten agar mengurungkan niat memindahkan pasar Kembang yang dianggap sebagai sumber kehidupan masyarakat Kemalang dan sekitarnya.

Menurut Haryono sekdes Keputran “ Kami sangat memahami jika masyarakat Kemalang marah , silahkan saja pemkab Klaten membangun pasar desa di Sukorini ,tetapi jangan caoba-coba  memindahkan pedagang yang ada di pasar Kembang kesana “ katanya pada klaten info.


“ Motivasinya apa saya tidak habis pikir , kenapa pasar Kembang ,Kemalang kok mau direlokasi ke wilayah diluar kecamatan Kemalang ,kan tidak adil dan bijaksana , lha diwilayah Kemalang lahan masih banyak kok “  imbuhnya mengakhiri pembicaraan.


Reaksi keras ini merupakan respon  Kompas  menyusul beredarnya kabar bahwa pemerintah kabupaten Klaten akan membangun pasar di desa Sukorini ,kecamatan Manisrenggo , pada tahun 2015 ini dengan dana APBD sebesar 5 miliar rupiah.

Kemudian akan dilanjutkan dengan pemindahan sekitar 340 pedagang  yang ada di pasar Kembang ,desa Keputran ,kecamatan Kemalang kepasar baru tersebut sebagaimana pernyataan Sugeng Haryanto kepala Disperindagkop – UMKM Klaten yang dikutip media online SoloPos.com.( 10/1).

Oleh : Kiswanto

Share this article :

0 komentar:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Kemalang Klaten - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info