DELES INDAH GUMREGAH ,DITANDAI KIRAB BUDAYA YANG MERIAH - Kemalang Klaten
Headlines News Klaten.Info :
Home » , » DELES INDAH GUMREGAH ,DITANDAI KIRAB BUDAYA YANG MERIAH

DELES INDAH GUMREGAH ,DITANDAI KIRAB BUDAYA YANG MERIAH

Written By kiswanto adinegara on Sabtu, 06 Juni 2015 | 19.54


Gunungan Wulu Pawetu hasil Bumi warga Sidorejo


Kemalang ~ Destinasi pariwisata alam Deles Indah di lereng Merapi tepatnya berada di desa Sidorejo ,kecamatan Kemalang ,kabupaten Klaten pernah berjaya diera 1990 an.

Hingga beberapa tahun terakhir Deles Indah terkesan dibiarkan tidak terurus dengan baik oleh pemerintah kabupaten Klaten. Obyek wisata alam pegunungan berhawa sejuk ini sejatinya merupakan potensi luar biasa bagi kabupaten Klaten untuk meningkatkan PAD dari sektor kepariwisataan.

Menurut Jemakir   “ agenda kirab budaya yang perdana ini digelar salah satunya bertujuan untuk menghidupkan kembali kejayaan Deles Indah sebagai obyek wisata alam pegunungan sebagaimana tahun 1990an “kata kades Sidorejo ditengah acara kirab ,Rabu ( 3/6 ).

“ Guna merevitalisasi obwis Deles indah hari Rabu ( 3/5 ) telah digelar kirab budaya , wulu pawetu dan peresmian pringgitan pesanggrahan Paku Buwono X  secara kolaboratif antara pemkab Klaten, Kraton Surakarta, pemerintah Kecamatan Kemalang , pemerintah desa Sidorejo dan segenap warga masyarakat setempat “ , demikian penuturan Sukiman WS pada klaten info. 

Warga Tani sukacita atas hasil panennya

 “ Semangat dan tekad warga masyarakat Sidorejo yang terdiri dari 28 RT secara swadaya menyukseskan agenda kirab wulu pawetu hasil bumi dipadukan dengan eksplorasi budaya serta peresmian pringgitan pesanggrahan PB X yang selesai dipugar ,agar roda ekonomi bangkit dan bergerak seiring bangkit dan gumregahnya raksasa Deles Indah yang selama ini tidur pules “ imbuh tokoh masyarakat Sidorejo itu.

Lebih jauh tokoh yang peduli dan semangat tersebut menuturkan “  Acara berlangsung meriah, suguhan  tari Gambyong Parianom yang dibawakan oleh Penari Jepang Kaori Okado mengalwali rangkaian acara , kemudian sambutan oleh Kerabat Keraton Surakarta Hadiningrat sekaligus pemotongan pita sebagai simbol diresmikannya Pringgitan Pesanggarahan Pakubuwono X.

Puncak  acara ini merupakan kirab budaya dengan mengarak ‘Gunungan Puluwetu’ ,berupa rangkaian  hasil bumi dari masyarakat setempat  berupa gunungan dengan berat sekitar 1 ton.

 
Jathilan ikut kirab budaya
Kemeriahan acara ini disambut sukacita warga masyarakat dengan melihat dari dekat arak-arakan yang mengikuti gunungan ,diantaranya kelompok Ketoprak, guyon maton, jathilan, kerawitan, hadroh, tokoh agama, tokoh masyarakat , karang taruna, dan sejumlah murid SD Sidorejo “ jelas Sukiman WS.


“ Kendati dukungan finansial dari SKPD tidak optimal untuk nyengkuyung terselenggaranya agenda ini ,namun warga merasa puas atas kesuksesan pergelaran kirab budaya ini ,kami bagga atas gumregah dan golong gilignya warga Sidorejo menyukseskan acara ini “ demikian pungkasnya.

Oleh : Kiswanto
.

Share this article :

0 komentar:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Kemalang Klaten - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info