MIMPI ADA EMBUNG DI LERENG MERAPI JADIKAN DELES PLUS - Kemalang Klaten
Headlines News Klaten.Info :
Home » , » MIMPI ADA EMBUNG DI LERENG MERAPI JADIKAN DELES PLUS

MIMPI ADA EMBUNG DI LERENG MERAPI JADIKAN DELES PLUS

Written By kiswanto adinegara on Rabu, 30 Desember 2015 | 06.55



Embung di Lahan Kering dengan ketinggian 800 m dpl


Kemalang ~ Fenomena embung atau waduk mini sebagai penampung air hujan akhir-akhir ini begitu menggempita.Pasca keberhasilan Gunungkidul membangun embung Nglanggeran kecamatan Patuk yang fenomenal agaknya menjadi inspirasi positif.

Hal ini patut diapresiasi karena menjadi sebuah pertanda masyarakat mulai sadar akan pentingnya konservasi air.

Selama ini ketika musim hujan tiba air yang jatuh dari langit dibiarkan begitu saja mengalir .Setelah jatuh dari tritisan menyatu dengan run off masuk selokan kemudian mengalir ke sungai hingga ke laut lepas.

Sementara di musim kering air menjadi komoditas langka , khususnya disejumlah desa wilayah lereng gunung Merapi.Salah satunya desa Sidorejo kecamatan Kemalang kabupaten Klaten.

Ditengah maraknya penambangan galian golongan C di cathment area yang berdampak rusaknya ekosistem , masih ada seorang pemuda bersemangat melestarikan alam lingkungan Merapi dengan brobsesi membangun embung di dekat obyek wisata Deles Indah.

Pemerhati LH dan Yabortan
Berkolaborasi dengan seorang pemerhati lingkungan Sukiman Mohtar Patomo mimpi dan menggagas terbangunnya sebuah embung geomembran pertama di Klaten tepatnya di padukuhan Deles ,desa Sidorejo.

Saat ditemui klaten info Sukiman sang ketua kelompok tani Ngudi Rukun menuturkan bahwa “ sangat prihatin melihat kondisi lereng Merapi yang subur justru tidak dimanfaatkan untuk pengembangan pertanian khususnya hortikultura sayur dan buah-buahan.

Namun sejumlah warga malah merelakan menjual lahan pertaniannya untuk ditambang karena dinilai cepat menghasilkan uang yang banyak tanpa berpikir panjang akan dampak negatifnya kelak “.

Sukiman

Lebih jauh pemuda yang belum lama ini berkunjung ke negeri Sakura mengatakan “  bahwa saya beberapa hari lalu telah mengirimkan proposal permohonan bantuan embung kepada Yayasan Obor Tani Semarang , untuk mendapatkan bantuan embung geomembran senilai kurang lebih 1 milyar rupiah.


Kami bersama anggota kelompok siap menyediakan lahan sekitar 10.000 meter untuk bangunan embung tanpa berharap ganti rugi.Dan kelak embung akan dijadikan sumber irigasi gravitasi guna mengairi tanaman hortikultura seperti apel , klengkeng dan lain sebagainya.


Disamping itu dengan hadirnya embung di ketinggian sekitar 1200 m dpl diharapkan dapat menjadi destinasi wisata baru dan sekaligus merivitalisasi Deles yang mlempem menjadi Deles Plus “ katanya memungkasi perbincangan.

Oleh : Kiswanto

Share this article :

2 komentar:

  1. bagus banget mas, semoga idenya terwujud. pemdane py iki duwe pemikiran nggono ora........

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah..mohon doa nya smg terealisasi...untuk pemda semetara ' no comment '..

      Hapus

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Kemalang Klaten - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info