POKTAN NGUDI RUKUN DELES KEMBANGKAN BIOGAS UNTUK KEPERLUAN DAPUR - Kemalang Klaten
Headlines News Klaten.Info :
Home » , » POKTAN NGUDI RUKUN DELES KEMBANGKAN BIOGAS UNTUK KEPERLUAN DAPUR

POKTAN NGUDI RUKUN DELES KEMBANGKAN BIOGAS UNTUK KEPERLUAN DAPUR

Written By kiswanto adinegara on Sabtu, 02 Januari 2016 | 00.48



 
Biogas Gantikan Bahan Bakar Kayu
Kemalang ~ Dalam rangka optimalisasi pemanfaatan kotoran ternak khususnya sapi kelompok tani Ngudi  Rukun di padukuhan Deles ,desa Sidorejo ,kecamatan Kemalang mengembangkan biogas.

Menurut Sukiman ketua poktan saat ditemui klaten info mengatakan “ mengingat harga LPG cukup mahal dan mengurangi penebangan pohon untuk kayu bakar maka kami mempunyai ide memanfaatkan kotoran ternak dibuat biogas untuk mencukupi keperluan dapur .

Biogas dapat menggantikan gas LPG sehingga bisa untuk memasak  makanan dan memanasi air.Mengingat suhu di Deles sangat dingin maka untuk mandi biasanya menggunakan air hangat .

Dengan pemeliharaan dua ekor sapi , saya punya satu unit dengan volume 6 meter kubik , dengan bahan plastik senilai sekitar Rp 5.000.000, 00 mampu bertahan selama 50 tahun , sudah bisa menghasilkan gas bio cukup untuk keperluan sehari-hari ,jelasnya.

Lebih jauh Sukiman mengatakan awalnya dulu dibantu dari Taman Nasinal Gunung Merapi ( TNGM ) ,kemudian secara swadaya kami kembangkan. Di poktan Ngudi Rukun Deles hingga sudah ada empat unit , sedangkan untuk Tegalmulyo dan Sidorejo cukup banyak “.

Kami siap membantu pembuatannya barangkali ada kelompok tani atau perseorangan yang berminat membuatnya, minimal punya dua ekor sapi “ tuturnya sambil memungkasi perbincangan di kantornya.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 komentar:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Kemalang Klaten - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info