KOMUNITAS LINTAS MERAPI USUNG " KOPI DELIMA " JADI IKON DELES INDAH - Kemalang Klaten
Headlines News Klaten.Info :
Home » , » KOMUNITAS LINTAS MERAPI USUNG " KOPI DELIMA " JADI IKON DELES INDAH

KOMUNITAS LINTAS MERAPI USUNG " KOPI DELIMA " JADI IKON DELES INDAH

Written By kiswanto adinegara on Senin, 20 Juni 2016 | 20.13




Komunitas Lintas Merapi Ngopi Delima
 KEMALANG ~ One village on product , merupakan salah satu konsep pengembangan agribisnis untuk mengangkat dan mengembangkan sebuah komoditas usaha khususnya pertanian guna dijadikan fokus  andalan.

Sebuah komunitas lintas Merapi di desa Sidorejo ,kecamatan Kemalang yang diprakarsai Sukiman Mohtar Pratomo menggagas pengolahan biji kopi  produk mentah yang selama ini dikembangkan sub sektor perkebunan supaya enak apik dan nikmat.

Gerbang Deles Indah
Menurut Sukiman ide ini bermula ingin mengangkat derajat petani dengan memberikan nilai tambah pada produk kopi yang selama ini dijual mentah dengan harga relatif murah sehingga membuat petani kurang mendapat benefits.

Disamping itu dengan melestarikan perkebunan kopi di wilayah lereng Merapi diharapkan ikut mengkonservasi daerah tangkapan air bagi zona bawahan dimana bermunculan mata air yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kini dan yang akan datang.

Beberapa saat jelang Ramadhan tiba kami mulai mengolah kopi itu secara sederhana bersama warga desa dan kami jadikan suguhan dalam acara live di radio Lintas Merapi saban Sabtu malam secara gratis katanya pada klaten info.

Kopi DELIMA

Produk kopi olahan khas Deles Ini di beri tetenger alias nama kopi DELIMA sebagai akronim kopi Deles Indah Merapi atau Deles Lintas Merapi ,dan diharapkan brand ini akan menjadi ikon serta berguna sebagai pengungkit gumregahnya destinasi wisata panorama alam dan udara sejuk Deles Indah yang pernah mengalami masa keemasan diera 1980 - 1990 an.


Bangkitnya sektor kepariwisataan ini kelak digadang akan menjadi triger kebangkitan ekonomi warga serta dapat menyokong PAD pemerintah kabupaten Klaten.

Yang tidak kalah penting adalah agar pemerintah tidak terlena dengan aktifitas penambangan galian golongan C ilegal yang marak di lereng Merapi bahkan memasuki area pertanian tegalan serta pekarangan warga yang berpotensi merusak fungsi lingkungan hidup.

Terkait dengan pengembangan kopi menurut Joko petugas perkebunan kecamatan Kemalang di Sidorejo terdapat setidaknya 50 ha tanaman kopi rakyat , dulu pernah dirintis dengan pasca panen pengolahan namun macet karena ketua poktannya sakit katanya pada klaten info.

Dan wilayah Deles cocok agroekosistemnya untuk pengembangan budidaya kopi namun sebagian petani beralih ke jenis hortikultura sayuran imbuhnya mengakhiri perbincangan.

by Kiswanto Adinegara



Share this article :

0 komentar:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Kemalang Klaten - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info