KELOMPOK PETERNAK TAK BISA KELOLA KOTORAN BINGUNG MEMBUANGNYA - Kemalang Klaten
Headlines News Klaten.Info :
Home » , » KELOMPOK PETERNAK TAK BISA KELOLA KOTORAN BINGUNG MEMBUANGNYA

KELOMPOK PETERNAK TAK BISA KELOLA KOTORAN BINGUNG MEMBUANGNYA

Written By kiswanto adinegara on Jumat, 01 Juli 2016 | 21.42

 
Kotoran Ternak Melimpah di Balerante

KEMALANG ~ Kelompok peternak sapi potong Rukun Makmur yang bermarkas di padukuhan Tegalweru, RT, 14 RW 08 ,desa Balerante, kecamatan Kemalang ,kabupaten Klaten ,provinsi Jawa Tengah kebingungan membuang kotoran ternaknya yang menumpuk semakin hari semakin bertambah , karena belum bisa mengelola menjadi pupuk organik atau biogas akhirnya ditawarkan kepada siapa yang mau mengambil secara gratis.

Sebagaimana dikatakan Jainu ketua poknak bahwa akhir-akhir ini mengalami masalah kian menumpuknya kotoran ternak sapi dan tidak ada tempat untuk menampungnya , kami tawarkan kepada siapa saja yang mau mengambilnya secara gratis katanya pada klaten info.

Sapi dikandang Komunal Poknak
Kelompok kami belum mampu mengelola kotoran sapi potong sejumlah 230 ekor dalam kandang komunal sejumlah 8 unit yang berada di wetan balai desa Balerante untuk dibuat pupuk organik ataupun biogas.

Tumpukan kotoran sapi itu kalau kering bisa mencapai 4 - 5 ton sekarang berada di komplek kandang komunal atas bantuan BPBD kabupaten Klaten yang dioperasikan setelah memperoleh sapi sejumlah 215 ekor , 143 ekor betina dan 72 ekor jantan Agustus 2015 lalu jelasnya.

Kelompok Ternak yang sudah berbadan hukum dan beranggotakan 143 orang ini sementara akan membuang kotoran ternaknya yang kian menggunung karena petani peternak anggota kelompok sebenarnya secara pribadi sudah memiliki dan memelihara sapi di rumah masing-masing sehingg bisa mencukupi kebutuhan pupuk kandangnya untuk berusahatani lahan kering miliknya.

Sedangkan produksi kotoran ternak sapi milik kelompok setidaknya satu rit perhari ,jadi lama-lama kami kewalahan dan bingung karena tak ada tempat untuk menampungya ,monggo yang mau mengambil gratis kami persilakan kata Jainu memungkasi perbincangan.

by Kiss Adinegara


Share this article :

0 komentar:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Kemalang Klaten - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info