PEMBANGUNAN SENTUL WATER BOOM TUTUP AKSES WARGA SEKITAR GUNAKAN SUMBER AIR KALI BRONDONG - Kemalang Klaten
Headlines News Klaten.Info :
Home » , » PEMBANGUNAN SENTUL WATER BOOM TUTUP AKSES WARGA SEKITAR GUNAKAN SUMBER AIR KALI BRONDONG

PEMBANGUNAN SENTUL WATER BOOM TUTUP AKSES WARGA SEKITAR GUNAKAN SUMBER AIR KALI BRONDONG

Written By kiswanto adinegara on Selasa, 01 November 2016 | 20.14

 
Kali Brondong Dipagar Tinggi Pintu Digembok

KEMALANG ~ Pemerintah Desa Keputran , kecamatan Kemalang ,kabupaten Klaten tengah membangun kolam renang anak-anak yang dikemas dalam bingkai " Sentul Water Boom " ( SWB ) pada tahun anggaran 2016 ini dengan memanfaatkan sumber pembiayaan dari Dana Desa senilai Rp 300 juta sebagaimana dikatakan Sigit selaku pelaksana tugas Kades.

Menurut pantauan klaten info pembangunan SWB yang memanfaatkan lahan kas desa memang terlihat belum rampung 100 % , kendati dua buah kolam utamanya telah selesai dan beberapa kali diuji fungsi . Untuk keamanan pengelolaan SWB disisi utara dan barat telah dibuat pagar bumi permanen dari batako cukup tinggi dua meter lebih.

Antrian Tangki Air
Dengan dibuatnya pagar bumi ini berdampak pada tertutupnya akses warga sekitar yang sejak zaman nenek moyang sudah terbiasa memanfaatkan sumber air Kali Brondong untuk keperluan sehari-hari seperti mandi dan mencuci.

Disamping itu sumber air berupa umbul yang mrempul layaknya brondong sehingga dinamai Kali Brondong itu lazimnya disedot banyak truk tangki air untuk dibawa ke wilayah Kemalang saat kemarau untuk mencukupi  air minum dan keperluan sehari-hari saat ini juga tidak bisa lagi.

Menurut sejumlah warga sekitar dengan ditutupnya sumber air Kali Brondong secara permanen merasa resah dan kesulitan manakala akan mandi dan mencuci , apalagi kalau musim kemarau sejumlah sumber disamping sudah kering dan mati , yang masih ada pasti dipenuhi warga utamanya dari wilayah Kemalang.

" Saya jadi susah dan kebingungan kalau mau mencuci dan mandi setelah Brondong di pageri walaupun ada pintunya namun sejak tanggal 17 Oktober digembok " kata perempuan yang terbiasa memanfaatkan sumber itu saat ditemui klaten info.

Biasanya kami juga memanfaatkan saluran air irigasi disisi timur untuk buang hajat dan kini juga tidak bisa lagi imbuhnya.

Warga sekitar utamanya yang tinggal di padukuhan Kadilaju ,desa Kadilajo ,kecamatan Karangnongko berharap pemerintah desa Keputran tanggap terhadap reaksi sosial dan lingkungan ini dengan respon segera membuka pintu sisi utara untuk akses masuk setiap saat sehingga bisa memanfaatkan sumber air itu kembali sebagaimana biasanya.

Pembangunan berbasis pemanfaatan sumberdaya alam khususnya air yang merupakan karunia Tuhan Allah SWT untuk kehidupan manusia selayaknya dalam perencanaan mempertimbangkan secara matang dan komprehensive tidak semata-mata hanya  berorientasi ekonomi namun juga memperhatikan aspek sosial dan lingkungan hidup.

by Kiss / 11 / 2016


Share this article :

0 komentar:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Kemalang Klaten - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info