SUKIMAN : KENALKAN OLAHAN KOPI DELES INDAH " CAP PETRUK " KIAT PEDULI PETANI - Kemalang Klaten
Headlines News Klaten.Info :
Home » , » SUKIMAN : KENALKAN OLAHAN KOPI DELES INDAH " CAP PETRUK " KIAT PEDULI PETANI

SUKIMAN : KENALKAN OLAHAN KOPI DELES INDAH " CAP PETRUK " KIAT PEDULI PETANI

Written By kiswanto adinegara on Jumat, 25 November 2016 | 20.26

 
Kopi Delima " Cap Petruk "

KEMALANG ~ Desa Sidorejo ,kecamatan Kemalang mempunyai sejumlah potensi sumberdaya alam yang bisa di eksplore , disamping Deles Indah yang merupakan salah satu destinasi wisata alam kabupaten Klaten ,dan juga sejumlah produk -produk pertanian dan atau perkebunan lokal.

Mengingat agroekosistem pegunungan Merapi dengan ketinggian antara  800 - 1.200 m dpl komoditas perkebunan yang dinilai cocok tumbuh dan sudah ada salah satunya yakni kopi arabica / robusta.

Sukiman tokoh masyarakat setempat merasa prihatin kepada nasib petani kecil atas harga jual yang murah terhadap sejumlah produk pertanian dan perkebunan yang ada ketika panen tiba.

Kemudian munculah gagasan untuk mengolah sendiri kopi yang dihasilkan petani setempat dengan cara membeli produk dari petani dengan harga diatas harga jual dipasar.Disamping bisa membuka lapangan kerja juga diharapkan akan memberikan nilai tambah produk.

Mengolah biji kopi tersebut secara tradisional yang diyakini bukan kuno dan belum tentu kualitasnya rendah.,kemudian diperkenalkan sebagai produk andalan Deles Indah Lereng Merapi Klaten ( Delima ) cap Petruk .

Lewat sejumlah event seperti pameran , minum kopi gratis bersama radio Komunitas Lintas Merapi live maupun online via sosial media si Delima merk Petruk disosialisasikan secara gencar dan bersemangat.

Guna meningkatkan kualitas dan pengembangan produk olahan kopi kedepan belum lama ini Sukiman ngangsu kaweruh perihal budidaya dan pengolahan kopi di Sumatera Utara selama beberapa hari .

" Iya , belum lama ini saya melihat dari dekat perihal budidaya dan pengolahan kopi di Sidikalang , Tongging , dan Berastagi Sumatera Utara " katanya kepada klaten info.

by Kiss/11/2016


Share this article :

0 komentar:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Kemalang Klaten - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info